Searching...
Wednesday 21 February 2018

Bot Telegram Pengingat Waktu Salat

February 21, 2018

Baca Juga


Salah satu aplikasi perpesanan yang populer di gawai Android adalah Telegram. Aplikasi ini sejenis dengan WhatsApp, tapi tentu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing dari keduanya. Apakah sahabat pecinta gawai sudah menggunakannya? Jika belum, cobalah, unduh di Play Store. Dan di sini akan kita bagi sebuah layanan Bot (robot) yang bisa dimanfaatkan dari Telegram untuk reminder, mengingatkan ketika waktu salat telah tiba.

Setelah mengunduh dan mendaftarkan diri pada Telegram, sahabat pecinta gawai bisa memanfaatkan layanan Bot yang ada pada Telegram untuk menjadi pengingat waktu salat. Namanya @ID_AzanBot.
Buka Telegram, cari @ID_AzanBot pada kolom pencarian. Atau klik tautan ini: https://t.me/ID_AzanBot. Maka pertama kali kita menemukannya, akan tampil seperti ini:

  
Klik MULAI untuk mengawali. Maka tampilan berikutnya seperti screenshot di bawah ini. Sahabat pecinta gawai diminta menyetel zona tempat tinggal agar jadwal salat yang didapatkan nanti bisa akurat. Caranya dengan mengetik /setting.



Setelah itu sahabat pecinta gawai akan diberikan opsi Zona untuk menyetel lokasi tempat tinggal. Ada opsi lain di bawahnya yakni pilihan apakah perlu setting notifikasi Imsak dan Terbit, abaikan kalau tidak memerlukan. Lalu ada juga Reminder (menit), maksudnya kita perlu diingatkan berapa menit sebelum tiba waktu salat. Pilih 0 agar reminder tepat di waktu salat tiba.

Ketika memilih menu Zona, akan tampil Provinsi yang bisa dipilih seperti tampilan berikut ini:

Pilih sesuai Provinsi tempat tinggal sahabat pecinta gawai. Ambil contoh misalnya Jawa Tengah. Maka akan muncul nama kota Kabupaten yang bisa dipilih:

Contoh memilih Sukoharjo, maka akan tampil seperti ini:

Sampai pada step ini, sahabat pecinta gawai sudah akan mendapat notifikasi berupa pesan masuk di Bot ini ketika waktu salat tiba. Untuk menampilkan menu lainnya silakan ketik garis miring (/) maka akan muncul opsinya.

Mudah sekali, bukan? Berikut ini contoh screenshot reminder berupa pesan masuk yang muncul tepat saat waktu salat tiba.


Adapun data waktu salat pada Bot ini diambil dari data Kementrian Agama Republik Indonesia, jadi sahabat pecinta gawai tidak perlu meragukan kebenaran datanya. In sya Allah.

Semoga bermanfaat.

6 komentar:

  1. Jaraaaaaang banget kutengok nih aplikasi..

    ReplyDelete
  2. Wahh makasih banget mas infonyaa 🙏 btw blognya keren banget dah bermanfaat sekalii makasih loh🙇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat... terima kasih kunjungannya.

      Delete